Alasan perusahaan startup banyak dilirik pencari kerja di indonesia

05Apr

Alasan Perusahaan Startup Banyak Dilirik Pencari Kerja Di Indonesia

Alasan Perusahaan Startup Banyak Dilirik Pencari Kerja di Indonesia

Gojek, Tokopedia, Traveloka adalah sebagian contoh startup besar di Indonesia yang saat ini telah menjadi populer di mata masyarakat. Meski berstatus sebagai startup atau usaha rintisan namun dalam sebuah riset dari Jobplanet, situs penyedia informasi pekerjaan, menyatakan bahwa banyak dari perusahaan startup ini memiliki nilai terbaik dalam pandangan para pencari kerja di Indonesia. Dengan beberapa hal yang membuat orang tertarik, maka tak ayal bila sebuah perusahaan startup yang notabene belum mapan 100% pun mampu menarik pencari kerja.

Menurut Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet beberapa faktor internal yang mempengaruhi ketertarikan pencari kerja pada sebuah perusahaan startup antara lain faktor budaya perusahaan, gaji dan tunjangan serta kesempatan meraih jenjang karier yang lebih terbuka. Berikut detail penjelasannya.

1. Budaya Perusahaan Startup

Faktor dan alasan pertama yang membuat para pencari kerja melirik perusahaan startup adalah adanya budaya kerja perusahaan yang baik. Dari riset Jobplanet, dari total 51 startup yang terdaftar rata-rata tingkat kepuasan karyawan terhadap budaya perusahaan mereka adalah sebesar 3,1 dari rating tertinggi 5,0. Dan di antara sepuluh startup yang ada, Tokopedia, Traveloka, dan BukaLapak.com mendapatkan rating tertinggi untuk faktor budaya perusahaan dengan sama-sama meraih rating 4,3. Untuk kriteria kepuasan sendiri sebenarnya rating 4,0 sudah mendapatkan nilai ‘puas’. Namun dengan angka yang bisa melebihi 4,0 maka perusahaan startup akan lebih mampu menarik pencari kerja dengan lebih cepat.

2. Gaji dan Tunjangan

Namanya bekerja tentu saja faktor gaji dan tunjangan tidak akan bisa terlepaskan dari pertimbangan para pencari kerja sejak lama. Menurut riset Jobplanet diketahui bahwa Blibli.com dan Traveloka menempati posisi teratas dalam hal gaji dan tunjangan yang diberikan karyawan. Dalam riset tersebut kedua startup e-commerce ini sama-sama mendapatkan rating gaji dan tunjangan sebesar 4,3. Berdasarkan analisis dan perhitungan Jobplanet, diketahui bahwa rata-rata tingkat kepuasan karyawan pada perusahaan startup yang ada terhadap gaji mereka mencapai angka 3,4.

3. Jenjang Karier

Jenjang karier memang menjadi salah satu hal yang menarik dari sebuah perusahaan rintisan (startup) bagi para pencari kerja. Banyaknya posisi yang belum terisi menjadikan para pencari kerja berbondong-bondong melamar pekerjaan di perusahaan startup. Di sini startup sendiri dianggap sebagai tempat yang tepat untuk menimba ilmu dan menempa karier dan juga mendapatkan posisi atau jabatan tertentu yang masih tak terisi.

Berdasarkan riset yang dilakukan Jobplanet diketahui bahwa nilai tertinggi tantang faktor jenjang karier ini dipegang oleh Blibli.com dengan rating sebesar 3,8. Posisi selanjutnya di belakang Blibli.com ada Traveloka dengan nilai (3,7), Tokopedia (3,6), Lazada (3,4) dan Gojek, OLX Indonesia serta Bukalapak.com yang sama-sama mendapatkan rating 3,3. Sedangkan startup KMK Online dan Zalora sendiri mendapatkan rating sebesar 2,6.

Dari sini bisa disimpulkan bahwa Blibli.com, Traveloka, Tokopedia, dan Lazada merupakan startup yang paling diakui karyawan untuk memberikan kesempatan pengembangan karier yang lebih besar. Sedangkan rating rata-rata dari faktor jenjang karier dari perusahaan startup secara keseluruhan di Jobplanet ini adalah 3,3.

4. Work-life balance

Terakhir alasan yang membuat startup dilirik banyak pencari kerja adalah adanya work-life balance yang baik. Meski sedang berjuang untuk eksis karena keberadaannya yang masih baru, namun perusahaan startup ternyata dinilai para pekerja mampu memberikan work-life balance yang baik. Secara keseluruhan rata-rata nilai rating work-life balance yang didapat startup yang ada di situs Jobplanet adalah sebesar 3,5.

Startup yang mendapatkan rating work-life balance tertinggi sendiri adalah Blibli.com dan Bukalapak.com dengan nilai yang sama yaitu 4,3. Menyusul di belakangnya ada Tokopedia dengan nilai (3,9), serta Gojek, OLX Indonesia, dan Traveloka yang sama-sama mendapatkan nilai atau rating 3,8.

 

 

Article by: Maxmanroe.com